Apa Pentingnya Mengenal Diri Sendiri? Binatang Aja Bisa, Kok Manusia Enggak

Apa Pentingnya Mengenal Diri Sendiri? Binatang Aja Bisa Kok Manusia Enggak

Hai, saya Deni.

Seorang teman bertanya pada saya, “Den kok rasanya omongan kamu di video itu malah bikin ribet hidup ya. Ngapain sih bahas mengenal diri sendiri segala, bukannya udah pada kenal? Diri kita ya ini, ini yang sekarang ada”.

Eiii… Cik kalem bentar saya tanya balik ah, “Misal kamu nih kalo pergi ke tempat yang kamu belum tau alamatnya, belum kenal daerahnya karena kamu belum pernah kesana, mau kamu pake gps pun kamu pasti tetep tengok kanan kiri kan kayak orang bingung. Apalagi ga pake gps, nyasar palingan.

Ngenal diri kita itu bukan cuma “Ya ini diri kita ini yang sekarang”. Ga gitu, Badruuuuu!

“Nah sekarang kalo kita ga kenal diri kita sendiri gimana kita mau tau kepengen kita apa? kita pengen ngejalanin hidup yang gimana? Apa sih yang bisa bikin kita bahagia? Sama kaya tadi druuuuu jatuhnya bisa bingung atau malah nyasar. Tapi kalo udah tau pan hidup jadi gampang bukan? Sat sit set mudah, cepat, bisa nikmatin perjalanan, tau-tau sampe”, jawab saya.

Di tulisan kali ini saya bakal ngobrol menjawab tentang Apa pentingnya mengenal diri sendiri. Kenapa kok harus kenal? Apa konsekuensi jika tidak mengenal diri sendiri dan apa konsekuensi jika mengenal diri sendiri.

Sebelum itu saya ingin tanya dulu sama kamu, menurutmu kira-kira penting ga sih mengenali diri sendiri itu? Atau kamu kayak si Badru yang belum nganggep itu penting. Coba komen di bawah ya.

Dari Zaman Dulu Sudah Dianggap Penting

Tahu ga kamu? kalo topik mengenal diri sendiri ini adalah topik yang selalu digaung-gaungkan dan dianggap penting selama lebih dari 300 tahun yang lalu sampai sekarang.

Saya coba berikan beberapa faktanya.

Seorang penulis yang bernama Pubililius Syrus yang hidup pada tahun 42 sebelum masehi sudah menuliskan tentang pentingnya kenal sama diri sendiri.

yang penting bukan apa yang kamu pikirkan, tapi siapa kamu?

Publilius Syrus

Para filsuf Yunani seperti Plato, Pythagoras, Thales and Socrates yang terkenalpun sudah membahas tentang “Know Thyself“. Kenali Dirimu.

Ajaran yoga kuno India sangat fokus pada “Ko Aham?” (Siapa aku?).

Seorang penulis Alfred Lord Tennyson, bahkan berkata bahwa ada 3 hal yang bisa membawa kita memiliki kekuatan untuk bebas dan merdeka yaitu penghormatan diri, pengetahuan tentang diri, dan kontrol diri.

Sama seperti jawaban saya ke Badru. Saya pun merasa penting untuk mengenal diri sendiri ini agar kita bisa tau :

  • Apa yang ingin kita lakukan?
  • Hidup seperti apa yang ingin kita jalani?
  • Apa yang membuat kita bahagia?
  • Apa yang kita sukai?
  • dll

Banyak hal termasuk kebahagiaan dan kesenangan-kesenangan lainnya yang cuma bisa kamu tahu dan kamu bisa coba lakukan HANYA JIKA kamu kenal dirimu sendiri.

Gimana jadi diri sendiri kalo kamu ga kenal siapa diri kamu?

Lebih Banyak Yang Tidak Mengenal Dirinya

Dulu juga saya tidak merasa itu penting. Sampai titik saya resah. Seperti yang sudah saya tulis di tulisan sebelumnya.

Saya resah ga mau hidup kayak apa yang orang bilang, tapi juga ga tau harus apa dan gimana. Saya resah karena ga kenal diri saya waktu itu. Saya binguuung.

Tapi makin diamati kok dilalanya orang-orang banyak yang gak kenal dirinya juga. Karena ketika saya tanya pada orang-orang kok respons nya begitu.

  • Ribet amat sih lu
  • Aau ah bodo amat
  • Mikirnya ga usah sedalem itu
  • Ketika ditanya kamu maunya apa dalam hidup kamu? Jawabannya aku juga bingung, ga tau aku tuh gimana, maunya apa.
  • dll

Sempat saya iseng berpikir, manusia itu katanya makhluk yang paling cerdas dan mulia karena memiliki akal. Tapi kok jarang ya yang benar-benar mengenali dirinya sendiri.

Kalo binatang yang ga punya akal gimana ya? Bisa ga mereka mengenal dirinya.

Ini yang buat saya takjub. Ternyata ada yang pernah meneliti tentang self awareness pada binatang juga lho.

Binatang Aja Bisa Kenal Dirinya

Gordon Gallup Jr pada tahun 1970, pernah melakukan penelitian yang dinamakan Mirror Test. Tujuannya untuk mengukur self awareness atau seberapa kenal binatang dengan dirinya sendiri ketika melihat pantulan bayangan dirinya di cermin.

Tahu ga apa yang terjadi? Dari sekian banyak binatang yang diuji ternyata ada lho binatang yang lolos dan berhasil mengenali dirinya sendiri. Diantaranya : simpanse, bonobono, orangutan, lumba-lumba, gajah, burung murai, dan burung merpati.

Sisanya mereka tidak mengenali dirinya, bahkan menganggap bayangan dirinya sendiri di cermin sebagai ancaman.

Binatang aja beberapa masih bisa lho kenal sama dirinya sendiri. Meski ga bisa mengenal jauh lebih dalam karena binatang ga punya akal.

Sementara manusia yang punya akal harusnya bisa lebih dalam mengenal dirinya, daripada sekedar kenal dirinya di depan cermin. Manusia bisa mengenal dirinya sampai lapisan-lapisan terdalamnya.

Jadi jika kamu cuma sekedar kenal dirimu lewat cermin aja, sebagai manusia kita ga lebih baik dari binatang. Sama aja ga ada bedanya.

Konsekuensi Ketika Tidak Mengenal dan Mengenal Diri Sendiri

Biar kamu makin bisa merasa pentingnya mengenal diri sendiri. Mari kita bahas tentang konsekuensi kalo kamu tidak mengenal dan kalo kamu mengenal dirimu sendiri.

Konsekuensi Jika Tidak Mengenal Diri Sendiri:

  1. Dipenuhi Rasa Takut
  2. Gak tau apa yang dirinya mau
  3. Gak percaya diri
  4. Gak bahagia
  5. Melihat diri sendiri sebagai ancaman, bahkan benci dengan dirinya sendiri.
  6. Arah hidupnya ga jelas
  7. Marah-marah terus karena finansial kurang, ngerasa capek kerja tapi ga ada hasil
  8. Ga enakan sama orang, palsu, hidup cuma untuk nyenengin dan menuhin ekspektasi orang lain
  9. Arah hubungan ga jelas, pasangan ga dapet kepastian karena ga tau mau bawa hubungannya kemana, karena ga tau jadinya ga mau kemana-mana
  10. Anxiety & Overthinking

Gimana, siap dengan konsekuensi-konsekuensi yang saya sebutkan tadi? Jika kamu masih mengalami konsekuensi-konsekuensi tadi itu tandanya kamu belum mengenali benar-benar siapa dirimu.

Kita bergeser sejenak untuk tahu konsekuensi apa saja yang ada jika kamu bisa mengenal dirimu sendiri.

Konsekuensi Jika Mengenal Diri Sendiri:

  1. Berani
  2. Percaya Diri
  3. Bahagia karena bisa being in the moment
  4. Bebas dari overthinking & anxiety
  5. Hidup jadi gak ribet
  6. Hidup jadi penuh gairah dan kembali lebih menyenangkan, karena bisa jalanin hidup yang kamu inginkan
  7. Kalo belum punya jodoh atau pasangan bisa tau pasangan yang seperti apa yang kira-kira cocok hidup bareng kita
  8. Kalo sudah punya pasangan kita bisa mengkomunikasikan apa yang kita inginkan dan butuhkan dari dia, dia pun juga begitu bisa ikut terbuka untuk mengkomunikasikan kebutuhan dan keinginannya padamu.
  9. Rezeki juga lancar karena kita ngejalanin pekerjaan dengan hati senang dan bahagia .
  10. Intuisi yang tajam dan kuat

Jadi Kamu Maunya Gimana?

Sekarang sudah saya paparkan tentang konsekuensinya. Coba sejenak kita bayangkan dan rasakan, seperti apa hidup kita jadinya ketika kita mengenal diri sendiri? Gimana kira-kira rasanya? Seru? Bahagia? Mau hidup yang lebih menyenangkan?

Ini bukan soal bisa atau ga bisa. Tapi mau apa engga. Kalo kamu mau bahagia dan hidupmu lebih menyenangkan, ayo kenali dirimu sendiri lebih dalam bukan sekedar kenal sebatas melihat cermin. Binatang juga bisa kalo mengenali cuma sebatas itu.

Jadi, masih mau menganggap mengenali diri sendiri lebih dalam itu tidak penting?

Ga ada kata terlalu cepat atau terlambat, berapapun usiamu saat ini, AYO! Kamu bisa mulai mengenali dirimu sendiri lebih dalam. Kamu bisa bahagia dan berhak menjalani hidup yang lebih menyenangkan.

Di tulisan selanjutnya saya akan memberikan penjelasan tentang ‘bagaimana caranya agar seseorang bisa tahu sejauh apa dirinya mengenali diri sendiri’. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Related Articles

About author View all posts

Deni Heriyana

Mind Consultant & Therapist, Life Coach, Founder sekaligus penulis di 101mind.com, dan Part-Time Coder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *