Know Your Limits, Waktunya Istirahat Sejenak

Waktunya Istirahat Sejenak

Bulan Agustus sampai minggu pertama September 2018 ini aktivitas padat banget. Dari mulai agenda konsultasi, terapi, perencanaan dan pelaksanaan strategi pengembangan 101mind.com, ngebantu teman bikin strategi untuk personal branding dan masih banyak lagi. — Know Your Limits, Waktunya Istirahat Sejenak

Kalau ditanya masih semangat gak, sampai hari ini masih terus semangat kok. Cuma ada pola yang biasa muncul nih kalo diri saya udah mulai protes. Jerawat muncul, mood mulai naik turun kayak roller coaster, kalo lagi tidur dibangunin malah emosi, annoyed denger orang ketawa (What The F~!) dan lain sebagainya.

Negara api sudah menyerang! Hahaha.. 😀

Hmm.. Kalau ngeliat ke belakang kayaknya memang kurang me-time dan kurang grounding nih. Butuh waktu sejenak untuk refreshing, lepas dari segenap rutinitas. Murni beneran main.

Sekedar info buat teman-teman pembaca, sadar atau pun tidak sadar tubuh dan pikiran kita bisa protes lho. Ngasih sinyal ke diri kita semisal sudah overload dan sudah waktunya maintenance.

Dalam kondisi begini ada baiknya untuk rehat sejenak untuk mengkondisikan fisik dan mental, hindari untuk memaksakan diri maju terus meski semangat menggebu-gebu. Layaknya mobil kalo radiator udah kepanasan terus kita paksain maju terus yang ada bisa rusak, bahkan bisa merembet kemana-mana rusaknya.

Gak rugi sama sekali kok kalau kita rehat barang sehari (seutuhnya), setelah itu kembali dengan performa maksimal karena mental dan fisik sudah kembali prima. Stres pun akan bisa kita manage dengan baik.

Sengaja saya cerita seperti ini untuk ngasih gambaran ke kalian yang suka penasaran gimana cara saya mengatasi diri saya sendiri. Contohnya, suatu hari ada seseorang yang bertanya “Kalo kita kan bisa buang sampah dengan konsultasi sama Mas Deni ya, kalo Mas Deni sendiri gimana sih ?”.

Jawabannya ya sama aja kayak yang saya sarankan ke klien. Metode yang saya sering sampaikan kebanyakan memang saya gunakan dan sudah saya rasakan manfaatnya sendiri.

Saya juga manusia sama seperti teman-teman semua. Hahaha, jadi ya tetep butuh share, tetep butuh buang sampah. Lalu apa yang jadi pembeda? I know my limits. Jadi sebelum diri saya ngehang atau melakukan aksi mogok, begitu ada sinyal protes saya langsung meresponnya dengan tindakan yang tepat. Kabar baiknya itu terbukti efektif!

Penting untuk tahu batas diri Anda, dengan begitu kita bisa menjaga pikiran kita tetap sehat. Mengetahui dimana batas diri juga membantu kita untuk berkembang melampaui batas yang ada, tentu caranya harus tepat. Sesungguhnya sadar dengan keadaan dan kebutuhan diri sendirilah yang membuat perjalanan sehari-hari Anda bisa lebih menyenangkan. 😉

Know your limits, Take a break, Then Surpass Your Limits!

Semoga bermanfaat!

About author View all posts

Deni Heriyana

Mind Consultant & Therapist, Life Coach, Founder sekaligus penulis di 101mind.com, dan Part-Time Coder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *